detikcom

Susahnya Mengajukan Komplain Ke Mandala (Tiger Airways)

Arisanti - suaraPembaca
Selasa, 15/05/2012 12:27 WIB
Jakarta - Pada tanggal 1 Mei 2012, saya melakukan pemesanan tiket pesawat Mandala secara online tujuan Medan ke Jakarta untuk perjalanan tanggal 19 Juni 2012.

Setelah mengisi seluruh data penumpang dan semua informasi, tiba-tiba jaringan online pemesanan tiket Mandala dibawah sistem tigerairways.com terputus sekitar 2 s/d 3 menit, kemudian tersambung kembali.

Karena saya sudah percaya dengan sistem yang dimiliki tigerairways.com, sehingga setelah jaringan yang sempat terputus kembali tersambung, saya langsung melanjutkan ke transaksi berikutnya, yaitu transaksi pembayaran.

Setelah semua proses selesai dan transaksi berhasil, beberapa detik kemudian tigerairways.com mengirimkan booking reference bernomor 033D3F ke email saya (arisanty@ymail.com), namun tujuan perjalanan yang tercetak pada tiket tidak sesuai dengan yang saya pesan. Yang seharusnya dari Medan ke Jakarta, disitu tertera dari Jakarta ke Medan.

Siang itu juga saya langsung menuju bandara Polonia Medan untuk konfirmasi, ternyata Mandala tidak memiliki kantor di bandara Polonia. Saya diminta datang esok hari menemui staff PT. JASS yang mengurusi penjualan tiket Mandala tersebut.

Keesokan harinya pkl. 10.30 wib, saya menemui beberapa petugas PT JAS di bandara Polonia, namun petugas disana menangani tiket on show saja (untuk check in).

Pada tanggal 10 Mei saya putuskan ke Bandara Soekarno Hatta, dan ternyata Mandala belum memiliki kantor resmi baik di Medan maupun di Jakarta. Saya kembali menemui petugas PT.JASS yang hanya memiliki kewenangan melayani tiket on show tanpa bisa menindaklanjuti mengenai permasalahan tiket saya.

Bahkan pegawai PT JASS hanya memiliki selembar data alamat email serta nomor telepon yang bisa di hubungi untuk urusan komplain, dan itu harus konsumen langsung yang menghubungi ke kantor nya di Singapura.

Dengan data yang terbatas tersebut, saya berusaha menghubungi pihak Tiger Airways melalui beberapa nama email Passenger Service Manager mengenai keluhan saya, tapi tidak ada tanggapan sama sekali.

Menurut saya, Mandala tidak serius melayani transportasi penerbangan di Indonesia, terbukti tidak adanya kantor perwakilan yang melayani komplain atau keluhan di Indonesia.


Arisanti
arisanty@ymail.com

(Data diri ada pada redaksi)

(wwn/wwn)

Share:



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com,
Suara Pembaca Terbaru Index »
OpiniAnda Index »
  • Kamis, 17/04/2014 11:56 WIB
    Selamatkan Remaja dengan Islam
    Pada tanggal 26 April 2014, 20 ribu pelajar Sumatera Utara akan mengikuti Gebyar Generasi Berencana (GenRe). Acara ini dimotori oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Utara.
ProKontra Index »

Bagi-bagi Kursi dan Menteri Itu Tidak Baik

Calon presiden PDIP Jokowi bertekad menguatkan sistem presidensial jika nanti terpilih. Jokowi menegaskan koalisi yang dibangunnya bukanlah koalisi bagi-bagi kursi dan jatah menteri. Dia mengatakan, yang akan diajak koalisi adalah partai-partai yang siap bekerja sama membangun bangsa dan negara tanpa meminta jatah kekuasaan. Bila Anda setuju dengan gagasan Jokowi, pilih Pro!
Pro
81%
Kontra
19%
Poling Index »

Gubernur Jokowi akan memberlakukan sistem pelat nomor ganjil dan genap untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Jakarta. Setujukah Anda dengan sistem ini?